Minggu, 23 Mei 2010

BAHAN AJAR

Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.

Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksajakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.

Bentuk Bahan Ajar

  1. Bahan cetak seperti; hand out, buku, modul, lembar kerja siswa,
  2. brosur, leaflet, wallchart,
  3. Audio Visual seperti; video/film,VCD
  4. Audio seperti; radio, kaset, CD audio, PH
  5. Visual: foto, gambar, model/ maket.
  6. Multi Media; CD interaktif, computer Based

Cakupan Bahan Ajar
  1. Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
  2. Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
  3. Kompetensi yang akan dicapai- Informasi pendukung- Latihan-latihan- Petunjuk kerja
  4. Penilaian




  • Merupakan penjabaran lebih lanjut dari silabus

  • Merupakan persiapan guru untuk kegiatan PBM baik langsung tatap muka/tidak langsung

  • Merupakan planing pembelajaran agar lebih terarah untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator


  • SISTEMATIKA

    1. Identitas ( guru,sekolah,mata pelajaran, kelas, semester )

    2. Waktu- Standar Kompetensi- Kompetensi Dasar- Indikator

    3. Materi- Perangkat yang dibutuhkan terkait ICT- URL ( Universal Resources Locate )

    4. Persyaratan mutlak sarana ICT ( LCD, lab komputer, LAN, Koneksi Internet- Kegiatan PBM ( waktu, aktivitas guru, aktivitas siswa dan sumber bahan dan alat )

    5. Penilaian


    Lembar Kegiatan Siswa

    1. Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.

    2. Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.

    3. Lembar kegiatan dapat digunakan untuk semua mata pelajaran.

    4. Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teoritis dan atau tugas-tugas praktis.


    Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:

    1. Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, Indikator dan materi pokok.

    2. Menyusun peta kebutuhan LKS

    3. Menentukan judul LKS

    4. Menulis LKS

    5. Menentukan alat Penilaian

    Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:

  • Judul, Mata Pelajaran, Semester, Tempat
  • Petunjuk belajar
  • Kompetensi yang akan dicapai
  • Indikator
  • Informasi pendukung
  • Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
  • Penilaian

  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar