merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan guru/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran.
Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktor dalam melaksajakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun bahan tidak tertulis. (National Center for Vocational Education Research Ltd/National Center for Competency Based Training).
Bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis baik tertulis maupun tidak sehingga tercipta lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar.
Bentuk Bahan Ajar
- Bahan cetak seperti; hand out, buku, modul, lembar kerja siswa,
- brosur, leaflet, wallchart,
- Audio Visual seperti; video/film,VCD
- Audio seperti; radio, kaset, CD audio, PH
- Visual: foto, gambar, model/ maket.
- Multi Media; CD interaktif, computer Based
Cakupan Bahan Ajar
- Judul, MP, SK, KD, Indikator, Tempat
- Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
- Kompetensi yang akan dicapai- Informasi pendukung- Latihan-latihan- Petunjuk kerja
- Penilaian
Merupakan penjabaran lebih lanjut dari silabus
Merupakan persiapan guru untuk kegiatan PBM baik langsung tatap muka/tidak langsung
Merupakan planing pembelajaran agar lebih terarah untuk mencapai kompetensi dasar dan indikator
SISTEMATIKA
- Identitas ( guru,sekolah,mata pelajaran, kelas, semester )
- Waktu- Standar Kompetensi- Kompetensi Dasar- Indikator
- Materi- Perangkat yang dibutuhkan terkait ICT- URL ( Universal Resources Locate )
- Persyaratan mutlak sarana ICT ( LCD, lab komputer, LAN, Koneksi Internet- Kegiatan PBM ( waktu, aktivitas guru, aktivitas siswa dan sumber bahan dan alat )
- Penilaian
Lembar Kegiatan Siswa
- Lembar kegiatan siswa (student work sheet) adalah lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh siswa.
- Lembar kegiatan berisi petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas.
- Lembar kegiatan dapat digunakan untuk semua mata pelajaran.
- Tugas-tugas yang yang diberikan kepada siswa dapat berupa teoritis dan atau tugas-tugas praktis.
Langkah-langkah penulisan LKS sebagai berikut:
- Melakukan analisis kurikulum; SK, KD, Indikator dan materi pokok.
- Menyusun peta kebutuhan LKS
- Menentukan judul LKS
- Menulis LKS
- Menentukan alat Penilaian
Struktur LKS secara umum adalah sebagai berikut:
Judul, Mata Pelajaran, Semester, TempatPetunjuk belajar
Kompetensi yang akan dicapai
Indikator
Informasi pendukung
Tugas-tugas dan langkah-langkah kerja
Penilaian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar